Suwah Sembiring: Kiat Sukses Menembus SBMPTN (Mengenal Berbagai Jurusan di PTN)



3.3 ILMU-ILMU KESEHATAN

Ilmu-ilmu kesehatan terdiri dari 4 fakultas, yaitu fakultas Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Fakultas Kedokteran hewan.

KEDOKTERAN UMUM

Kedokteran Umum mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penyakit, antara lain: jenis-jenis penyakit, gejala-gejala penyakit, penyebab-penyebab penyakit, cara-cara penyembuhan dan pencegahannya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kedokteran Umum adalah Biologi dan Kimia. Sarjana kedokteran dapat bekerja di berbagai rumah sakit, buka praktek sendiri, atau dapat juga menjadi dosen atau peneliti.

KEDOKTERAN GIGI

Kedokteran Gigi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan gigi, antara lain pengobatan, perawatan, pembuatan gigi palsu dan sebagainya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kedokteran Gigi adalah biologi dan Kimia. Sarjana Kedokteran Gigi dapat bekerja di rumah-rumah sakit, buka praktik sendiri, atau dapat juga sebagai dosen atau peneliti.

KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatan masyarakat mempelajari managemen suatu rumah sakit dan pencegahan penyakit masyarakat melalui berbagai penyuluhan. Yang berminat memasuki jurusan Kesehatan Masyarakat sebaiknya menyenangi pelajaran IPA dan IPS. Sarjana Kesehatan Masyarakat dapat bekerja di rumah sakit, di Kementerian Kesehatan, sebagai dosen atau peneliti.

KEDOKTERAN HEWAN

Kedokteran hewan tidak hanya mempelajari tentang pengobatan hewan yang sakit, tetapi juga mempelajari tentang penyediaan protein hewani yang berkualitas tinggi dan baik untuk dikonsumsi masyarakat. Pelajaran di SMA yang mendasari Kedokteran hewan adalah biologi dan kimia. Sarjana Kedokteran Hewan dapat bekerja di Dinas Peternakan, Lembaga Penelitian Ternak, LIPI, PPA, LPPH, Kebun Binatang, ...., dapat juga menjadi dosen di PTN.

3.4 ILMU-ILMU PERTANIAN

Ilmu-ilmu pertanian mempelajari tentang usaha-usaha pengadaan tumbuhan dan hewan untuk kesejahteraan manusia. Ilmu-ilmu pertanian terdiri dari beberapa jurusan, antara lain: jurusan Ilmu Tanah, Budidaya Pertanian, Sosial Ekonomi Pertanian, Ilmu Hama dan Penyakit, Perikanan, Peternakan, Kehutanan, Mekanisasi Pertanian, Pengolahan Hasil Pertanian, dan Teknologi Industri Pertanian.

ILMU TANAH

Ilmu Tanah mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan tanah, antara lain pemanfaatan tanah, pengawetan tanah agar tetap subur dan sebagainya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Ilmu Tanah adalah kimia. Sarjana Ilmu Tanah dapat bekerja sebagai ahli tanah atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Balai Penyuluhan Pertanian, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

BUDIDAYA PERTANIAN (Agronomi)

Budidaya Pertanian mempelajari tentang asal-usul tanaman, penyebaran, penggolongan, pertumbuhan sejak ditanam sampai panen, serta teknologi pembudidayaan pertanian. Dengan mempelajari hal-hal tersebut di atas, kita dapat menemukan tanaman yang bermutu, baik kuantitas maupun kualitasnya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Budidaya Pertanian adalah pelajaran biologi. Sarjana Budidaya Pertanian dapat bekerja sebagai ahli budidaya atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Lembaga Penelitian Pertanian, Lembaga Penelitian Hortikultura, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

SOSIAL EKONOMI PERTANIAN

Sosial Ekonomi Pertanian mempelajari tentang hubungan antara ekonomi dan pertanian. Dalam pelaksanaan pendidikan di Perguruan Tinggi, jurusan Sosial Ekonomi Pertanian diarahkan kepada Ekonomi Pertanian, Penyuluhan Pertanian, dan Komunikasi Pertanian. Sarjana Sosial Ekonomi Pertanian dapat bekerja sebagai ahli Sosial Ekonomi Pertanian di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Perusahaan Perkebunan, Balai Pendidikan dan Penyuluhan Pertanian, Proyek Pemerintah Bimas/Inmas, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

ILMU HAMA dan PENYAKIT

Ilmu Hama dan Penyakit mempelajari tentang cara-cara menanggulangi dan mencegah berjangkitnya hama dan penyakit. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Ilmu Hama dan Penyakit adalah kimia dan biologi. Sarjana Ilmu Hama dan penyakit dapat bekerja sebagai ahli atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Kehutanan, Perusahaan Perkebunan, Balai Penyuluhan Pertanian, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

PERIKANAN

Program studi Perikanan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan ikan, antara lain: lingkungan, pemeliharaan, makanan, penangkapan, hama dan penyakit, budidaya dan sebagainya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Perikanan adalah pelajaran biologi dan kimia. Sarjana Perikanan dapat bekerja sebagai ahli perikanan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Balai Pendidikan dan Penyuluhan Perikanan, Perusahaan Penangkapan dan Pengolahan Ikan, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

PETERNAKAN

Program studi Peternakan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan ternak, antara lain: pemeliharaan, makanan, hama dan penyakit, budidaya dan sebagainya. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Peternakan adalah pelajaran biologi dan kimia. Sarjana Peternakan dapat bekerja sebagai ahli peternakan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Balai Pendidikan dan penyuluhan Ternak, Pusat Penelitian dan Pengembangan ternak, ..., dan dapat juga sebagai dosen di perguruan Tinggi.

KEHUTANAN

Program studi Kehutanan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan hutan, antara lain: penanaman, pemeliharaan, penyuburan tanah, pengolahan hasil hutan, perlindungan terhadap air dan cuaca. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Kehutanan adalah biologi. Sarjana Kehutanan dapat bekerja sebagai ahli kehutanan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Lembaga Penelitian Hasil Hutan, Lembaga Penelitian Tanaman Tropis, PT. Perhutani, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

MEKANISASI PERTANIAN

Program studi Mekanisasi pertanian mempelajari halhal yang berhubungan dengan alat-alat, baik untuk pertanian maupun mengolah hasil-hasil pertanian. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Mekanisasi Pertanian adalah Fisika dan Matematika. Sarjana Mekanisasi pertanian dapat bekerja sebagai ahli peralatan atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Perusahaan perkebunan, Kementerian Kehutanan dan Transmigrasi, Perusahaan alat-alat berat Pertanian, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN

Program studi Pengolahan Hasil Pertanian mempelajari tentang pengolahan hasil pertanian sejak dan panen hingga siap dikonsumsikan. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Pengolahan hasil Pertanian adalah pelajaran biologi dan kimia. Sarjana Pengolahan hasil pertanian dapat bekerja sebagai ahli atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Industri Makanan, Industri Minuman, ...., dan dapat juga sebagai dosen di perguruan Tinggi.

TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

Program studi Teknologi Industri Pertanian mempelajari dasar perencanaan, perancangan evaluasi, dan penerapan unsur-unsur kesatuan sistem produksi seperti manusia, mesin, dan peralatan serta sumber daya pertanian agar industri pertanian dapat mencapai efektifitas dan efisiensi yang optimal. Pelajaran di SMA yang mendasari jurusan Teknologi Industri Pertanian adalah pelajaran IPA dan Ekonomi. Sarjana Teknologi Industri Pertanian dapat bekerja sebagai ahli atau peneliti di Kementerian Pertanian dan Perkebunan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Perusahaan Perkebunan, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

3.5 ILMU-ILMU SOSIAL

Ilmu-ilmu sosial dibagi dalam lima fakultas, yakni: Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Psikologi.

3.5.1 Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan manusia dan kebutuhannya. Fakultas Ekonomi dibagi tiga jurusan, yakni:
  • EKONOMI dan PEMBANGUNAN
  • Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan materialnya dalam skala masyarakat luas, sehingga diharapkan Anda senang mengamati perkembangan masalah-masalah ekonomi nasional dan internasional.
  • MANAGEMEN
  • Mempelajari proses melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Proses tersebut biasanya dilakukan dalam suatu perusahaan sehingga managemen sering juga disebut ekonomi perusahaan.
  • AKUNTANSI
  • Mempelajari penggolongan, penguraian, dan penafsiran pembukuan dengan tujuan memperlihatkan jalannya suatu usaha dari segi untung ruginya perusahaan.

3.5.2 Fakultas Hukum

Program studi Hukum mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan hukum, antara lain aturan-aturan dengan konsekuensinya. Aturan-aturan tersebut dapat antarmanusia, antarnegara dan sebagainya. Bidang-bidang spesialisasi hukum adalah Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, dan Hukum Internasional. Sarjana Hukum dapat bekerja di setiap instansi pemerintah maupun swasta.

3.5.3 Fakultas llmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik terdiri dari beberapa jurusan, antara lain: Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan, Hubungan Internasional, Sosiologi, Administrasi Negara, Sosiatri, dan Kriminologi.

ILMU POLITIK atau ILMU PEMERINTAHAN

Program studi Ilmu Politik atau Ilmu Pemerintahan mempelajari tentang pranata-pranata serta proses-proses kekuasaan dalam kehidupan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan negara atau pemerintahan. Sarjana llmu Politik atau Ilmu Pemerintahan dapat bekerja di KEMDAGRI, KEMLU, KEMDIKNAS, LIPI, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

HUBUNGAN INTERNASIONAL

Program studi Hubungan Internasional mempelajari tentang politik tingkat internasional. Sarjana Hubungan Internasional dapat bekerja di KEMLU, Media Masa (sebagai wartawan, atau penulis), ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

SOSIOLOGI

Program studi Sosiologi mempelajari hubungan antar manusia dalam masyarakat. Sarjana Sosiologi dapat bekerja sebagai peneliti di LIPI, KEMDAGRI, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

ADMINISTRASI NEGARA

Program studi Administrasi Negara mempelajari semua kegiatan mengenai hubungan antara sarana dan tujuan, hubungan antara fakta dan nilai, dan hubungan antara prilaku dan tindakan dalam organisasi kenegaraan. Sarjana Administrasi Negara dapat bekerja KEMDAGRI, BAPPENAS, BAPPEDA, BAKN, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

SOSIATRI

Program studi Sosiatri mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan penyembuhannya. Penyakit sosial itu antara lain kemiskinan, kebodohan, buta huruf, dan sebagainya. Sarjana Sosiatri dapat bekerja di KEMDAGRI, KEMSOS, Transmigrasi, LIPI, BKKBN, ..., dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

KRIMINOLOGI

Program studi Kriminologi mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kejahatan, antara lain: gejala kejahatan, latar belakang kejadian kejahatan, dan keadaan si pelaku kejahatan itu sendiri. Sarjana Kriminologi dapat bekerja di Kepolisian, Kejaksaan, LIPI, sebagai wartawan atau penulis di media massa, dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

3.5.4 Fakultas Ilmu Komunikasi

Program studi Ilmu Komunikasi mempelajari tentang rangkaian proses sejak munculnya pesan dalam masyarakat sampai dengan penerimaan informasi tersebut di masyarakat. Sarjana Ilmu Komunikasi dapat bekerja di semua departemen atau perusahaan. Akan tetapi lebih banyak dibutuhkan di TVRI, Surat Kabar, Majalah, dan sebagainya.

ILMU PERPUSTAKAAN

Program studi Ilmu Perpustakaan mempelajari tentang pencarian dan penyimpanan informasi. Informasi tersebut pada umumnya dalam bentuk buku. Sarjana Ilmu Perpustakaan dapat bekerja di Perpustakaan yang dimiliki oleh Pemerintah, Perguruan Tinggi, atau Perusahaan.

3.5.5 Fakultas Psikologi

Program Studi Psikologi mempelajari tentang tingkah laku dan kegiatan-kegiatan manusia yang merupakan cermin dari jiwanya. Bidang-bidang spesialisasi Psikologi adalah Psikologi Industri, Psikologi Sosial, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Eksperimen. Sarjana Psikologi dapat bekerja di setiap Perusahaan bagian personalia, sebagai psikolog di Rumah Sakit atau Biro Konsultasi Psikologi dan sebagainya.

3.6 ILMU-ILMU SASTRA DAN BUDAYA

Ilmu-ilmu Sastra dan Budaya terdiri dari beberapa jurusan, antara lain: Sastra Indonesia, Sastra daerah Sastra Asing, Antropologi, Arkeologi Indonesia, dan Sejarah.

SASTRA INDONESIA

Program studi Sastra Indonesia mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan bahasa Indonesia, yaitu bahasa sebagai ilmu (Tata bahasa) dan bahasa sebagai seni (sastra). Sarjana Sastra Indonesia dapat bekerja sebagai peneliti di Pusat Bahasa, LIPI, Taman Budaya, Dewan Kesenian, ..., sebagai Editor atau Wartawan di berbagai media masa, dan dapat juga sebagai dosen di Perguruan Tinggi.

SASTRA DAERAH

Program studi S

Artikel ini sebelumnya di Posting oleh http://www.defantri.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel