Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP-MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018
Monday, October 29, 2018
Edit
Berikut ini adalah berkas Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018. Download file format PDF.
Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 |
Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP-MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018:
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Keutuhan tersebut menjadi dasar dalam perumusan kompetensi dasar tiap mata pelajaran, sehingga kom- petensi dasar tiap mata pelajaran mencakup Kompetensi Dasar kelompok sikap, kompetensi dasar kelompok pengetahuan, dan Kompetensi Dasar kelompok keterampilan. Semua mata pelajaran dirancang mengikuti rumusan tersebut.
Seni Budaya untuk Kelas IX SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. Seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa sebagaimana dirumuskan selama ini. Seni Budaya harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang terkait dengan seni budaya. Seni Budaya dalam Kurikulum 2013 dirumuskan untuk mencakup sekaligus studi karya seni budaya untuk mengasah kompetensi pengetahuan, baik dari karya maupun nilai yang terkandung di dalamnya, praktik berkarya seni budaya untuk mengasah kompetensi keterampilan, dan pembentukan sikap apresiasi terhadap seni budaya sebagai hasil akhir dari studi dan praktik karya seni budaya.
Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, tari, musik, dan teater yang diangkat dari tema-tema seni yang merupakan warisan budaya bangsa. Selain itu juga mencakup kajian warisan budaya yang bukan berbentuk praktik karya seni budaya. Aktivitas- aktivitas tersebut tidak hanya terkait dengan studi dan praktik karya seni budaya, melainkan juga melalui pelibatan aktif tiap siswa dalam kegiatan seni budaya yang diselenggarakan oleh kelas maupun sekolah. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal dan relevan sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.
Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun dengan mengacu pada pembelajaran Seni Budaya secara terpadu dan utuh. Keterpaduan dan keutuhan tersebut diwujudkan dalam setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya secara konkret dan abstrak dalam bentuk atau terkait dengan karya seni budaya, dan bersikap sebagai manusia dengan rasa penghargaan yang tinggi terhadap karya-karya seni warisan budaya dan warisan budaya bentuk lainnya.
Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP-MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 berisi:
Pembelajaran Seni Lukis
- Kompetensi Inti (KI) Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian
- Pengayaan
Pembelajaran Seni Patung
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi dengan Orang Tua
Pembelajaran Menyanyikan Lagu Solo/Tunggal
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik
Pembelajaran Lagu Populer Dalam Sajian Vokal Grup
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik
Pembelajaran Tari Kreasi
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompentsi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran
- Remedial
- Pengayaan Pembelajaran
Pembelarajan Unsur Pendukung Tari Kreasi
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran
- Remedial
- Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran Dasar Pemeranan Teater
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Proses Pembelajaran
- Interaksi dengan Orang Tua
- Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran
- Rubrik Guru
- Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran Perancangan Pementasan
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Informasi untuk Guru
- Proses Pembelajaran
- Interaksi dengan Orang Tua
- Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran
- Rubrik Guru
- Pengayaan pembelajaran
Pembelajaran Seni Grafis
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Orang Tua
Pembelajaran Pameran
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran Pameran
- Peta Konsep Pembelajaran
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi dan Penilaian
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi Orang Tua
Pembelajaran Bernyanyi Lagu Populer
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi dengan Orang Tua Peserta Didik
Pembelajaran Ansambel Lagu Populer
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Evaluasi
- Pengayaan
- Remedial
- Interaksi dengan Orang Tua
Pembelajaran Pola Lantai Tari Kreasi
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran I
- Proses Pembelajaran II
- Informasi untuk Guru
- Interaksi dengan Orang Tua
- Evaluasi Penilaian Pembelajaran
- Remedial
- Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran Meragakan Tari Kreasi
- Kompetensi Inti (KI)
- Kompetensi Dasar (KD)
- Tujuan Pembelajaran
- Peta Konsep
- Proses Pembelajaran
- Informasi untuk Guru
- Interaksi dengan Orang Tua
- Remedial
- Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran Penulisan Lakon
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Informasi untuk Guru
- Proses Pembelajaran
- Materi dan Aktivitas Pembelajaran
- Interaksi dengan Orang Tua
- Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran
- Rubrik Guru
- Pengayaan Pembelajaran
Pembelajaran Pementasan Teater Berdurasi Pendek
- Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
- Informasi untuk Guru
- Interaksi dengan Orang Tua
- Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran
- Rubrik Guru
- Pengayaan Pembelajaran
Download Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018
Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:
Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018
Download File:
Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP-MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018.pdf
Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Guru Seni Budaya Kelas IX (9) SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018. Semoga bisa bermanfaat.