Standar Kompetensi Lulusan SMA/ MA TP. 2008/2009



enurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  Standar Kompetensi Lulusan SMA/ MA TP. 2008/2009Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 77 Tahun 2008 Tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun Pelajaran 2008/2009.

Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Ujian Nasional adalah materi-materi yang akan di ujikan pada saat Ujian Nasional. Berikut Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran:

MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)

1.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, mampu menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menentukan negasi pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan.

2.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
  • Menentukan kedudukan garis lurus terhadap grafik fungsi kuadrat (parabola)
  • Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
  • Menentukan persamaan kuadrat baru
  • Menentukan persamaan garis singgung lingkaran
  • Menentukan komposisi dua fungsi dan fungsi invers
  • Menentukan sisa pembagian atau hasil bagi
  • Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear
  • Menyelesaikan masalah program linear
  • Menyelesaikan operasi matriks
  • Menentukan sudut antara dua vektor
  • Menentukan panjang proyeksi dan vektor proyeksi
  • Menentukan bayangan titik atau garis karena duatransformasi
  • Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen dan logaritma
  • Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika
  • Menentukan unsur yang belum diketahui dari hubungan deret aritmetika dan geometri.

3.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami sifat dan atau geometri dalam menentukan kedudukan titik, garis dan bidang, jarak dan sudut.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis, dan bidang) di ruang

4.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menggunakan aturan sinus dan kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak
  • Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus
  • Menentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri
  • Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus, dan tangen

5.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami konsep limit, turunan, dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
  • Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi
  • Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
  • Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral

6.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data, mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik
  • Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait
  • Menghitung peluang suatu kejadian

MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)

1.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami pernyataan dan ingkarannya, menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk
  • Menentukan ingkaran suatu pernyataan
  • Menentukan kesimpulan dari beberapa premis

2.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linier, program linier, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma
  • Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat
  • Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat
  • Menentukan fungsi komposisi
  • Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana
  • Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat
  • Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat
  • Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel
  • Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
  • Menentukan nilai optimum bentuk obyektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
  • Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear
  • Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, atau invers matriks
  • Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret aritmetika atau geometri

3.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta ilai limit fungsi aljabar
mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menghitung nilai limit fungsi aljabar
  • Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya

4.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah.
KEMAMPUAN YANG DIUJI
  • Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi
  • Menentukan nilai peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian
  • Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang
  • Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk tabel atau diagram
  • Menentukan ukuran penyebaran

Untuk Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran yang lain dan hal-hal yang perlu selama Ujian Nasional dapat di lihat di Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 77 Tahun 2008 Tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun Pelajaran 2008/2009.


Artikel ini sebelumnya di Posting oleh http://www.defantri.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel