Contoh RPP SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) Kelas VII MTs Kurikulum 2013
Wednesday, July 26, 2017
Edit
Rencana pelaksanaan pembelajaran yang kami bagikan dalam posting ini adalah RPP SKI Kurikulum 2013. Ini sengaja diberikan untuk guru-guru yang mengajar siswa kelas VII di madrasah tsanawiyah atau MTs. Kami berharap RPP ini dapat dijadikan sebagai contoh untuk Bapak atau Ibu guru dalam rangka membuatnya.
Perubahan format rpp dari KTSP ke kurikulum 2013 memang membuat sebagian guru menjadi "sibuk" dalam merevisi semua format yang sudah ada termasuk juga sistem penilaiannya. Tak sedikit di antara guru-guru baik yang baru maupun yang sudah lama berusaha mencari format RPP yang sudah jadi kemudian mengeditnya untuk dijadikan perangkat pembelajaran miliknya sendiri.
Dari sekian format RPP yang tersedia pada blog atau situs di internet,
Sejarah kebudayaan Islam disingkat SKI merupakan mata pelajaran yang mempelajari sejarah beserta kebudayaan umat-umat islam di zaman khalifah dan tentang kejadian di masa lalu yang masih berhubungan dengan Islam.
SKI atau Sejarah Kebudayaan Islam di kelas 7 MTs saat ini memang sedang menerapkan kurikulum 2013 (K-13). Hal ini mungkin membuat para guru SKI kesibukan dalam mempersiapkan Administrasi. Terlebih bagi guru yang sudah nyaman dengan format RPP kurikulum 2006 (KTSP). Dengan adanya contoh yang akan kami bagikan, setidaknya bisa membantu Ibu dan Bapak Guru sekalian dalam menyusunnya.
SKI adalah salah satu mapel yang di dalamnya membahas tentang sejarah zaman dulu tentang pergerakan dan perkembangan, serta kebudayaan umat islam. Materi SKI di kelas 7 diantaranya meliputi Kearifan Nabi Muhammad SAW Wujudkan Kedamaian, Kondisi Masyarakat Arab Sebelum Islam, Kondisi Masyarakat Mekah.
Kompetensi Inti
- KI-1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- KI-2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- KI-3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI-4 Mencoba, mengolah dan menyaji menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
- 1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
- 2.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
- 3.1 Memahami sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
- 1.1.1 Meyakini misi dakwah Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat.
- 2.1.1 Merespon keteladanan perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.
- 3.1.1 Peserta didik mampu menjelaskan keadaan masyarakat kota Makkah sebelum Islam datang.
- 3.1.2 Peserta didik mampu menjelaskan agama masyarakat jazirah Arab sebelum Islam datang.
- 3.1.3 Peserta didik mampu menjelaskan perjuangan dakwah Nabi Muhammad periode Makkah.
- 3.1.4 Peserta didik mampu menjelaskan misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
- 3.1.5 Peserta didik mampu menjelaskan keadaan masyarakat kota Madinah sebelum Islam datang.
- 3.1.6 Peserta didik mamu menjelaskan sebab hijrahnya nabi muhammad ke madinah.
- 3.1.7 Peserta didik mampu menjelaskan agama masyarakat jazirah Madinah sebelum Islam datang.
- 3.1.8 Peserta didik mampu menjelaskan beberapa kebijakan Nabi dalam membangun kegiatan ekonomi dan perdagangan.
Untuk setiap guru yang mengampu mata pelajaran SKI, silahkan Download RPP tersebut di bawah.